CARA INSTAL CUSTOM ROM/FIRMWARE DI SEMUA HP ANDROID TERBARU

Cara mudah install custom rom di hp dan tablet android – Ponsel yang satu ini merupakan ponsel yang cukup memiliki kemampuan diatas rata-rata, selain itu smartphone dan tablet android terbilang sangat bersahabat. Mungkin karena dari segi harga yang relatif murah, serta didorong pemerataan kehadiran smartphone android di berbagai  toko ponsel.
cara install custom rom android
Cara Install Custom ROM Android Semua Tipe

Dari segi harga sudah sangat merakyat, namun untuk fitur dan spesifikasi juga sudah bagus. Selain itu membahas mengenai fitur android, pastinya sobat sudah tau apa saja menu yang ada. Sebenarnya ada banyak menu atau fitur yang diberikan oleh smartphone android, dalam hal ini dapat kita manfaatkan sebaik mungkin karena ada berbagai fungsi yang dapat anda gunakan di hp android.
Dengan adanya banyaknya aplikasi yang dapat kita instal, maka memungkinkan kita mendapatkan kenyamanan tersendiri dari smartphone itu sendiri. Nah yang saya akan bahas kali ini adalah seputar cara menginstal custom rom untuk semua hp android. Admin akan mengulas tuntas cara tersebut baik itu untuk seluruh hp dari merek dan tipe hp android yang sobat miliki
Tidak sedikit dari kita masih bingung atau belum mengerti cara memasang custom rom di hp android, akibatnya tampiloan pada smartphone anda biasa-biasa saja. Mengenai tutorial menginstal custom rom android sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah ya sob, sobat sendiri juga dapat menginstalnya sendiri sesudah membaca artikel ini.
Sebelum itu pastikan anda mengerti betul apa itu custom rom, di smartphone atau tablet android sendiri kita mengenal dua jensi ROM, yaitu Stock Rom dan Custom Rom. Secara rinci penjelasan mengenai Stock Rom adalah rom yang merupakan bawaan dari pabrik dalam artian merupakan rom yang dibuat asli oleh merek hp tersebut.

Sedangkat untuk Custom rom merupakan ROM Unofficial yang berarti buatan developer android dan bukan buatan vendor atau pabrik resmi. Secara umum pada ROM andorid biasanya juga disebut firmware atau secara mudah kita artiken Software Hp android.
Ada beberapa alasan mengeapa dibuatnya custom rom, salah satunya untuk memberikan sensasi berbeda dengan memaksa jenis android untuk mencoba tampilan dari merek lain. Contohnya saja ketika anda memiliki Sony Xperia X8 yang dari pabrik menggunakan Eclainr versi 2.1, namun dengan adanya custom rom sobat dapat mencicipi Jelly Bean yang dapat dioperasikan di merek tersebut.
Selain itu ada contoh lain ketika Samsung Galaxy Mini yang hanya memiliki Gingerbread v2.3.6 dan anda dapat menggunakan custom rom versi jelly bean. Sangat hebat bukan sob, ya ini akan membantu anda dalam mengoptimalkan smartphone yang anda miliki.
Sebenarnya ada alasan dibalik ketidak updatean resmi, biasanya mereka tidak mau mengambil resiko bahwa konsumen memiliki spesifikasi rendah. Oleh sebab itu produsen membuat android versi terbaru yang memiliki banyak fitur dengan hardware yang lebih baru dan lebih bagus.
Dengan kata lain sebenarnya memakai custom rom merupakan sebuah pemakasaan mengupgrade kamampuan smartphone, dan untuk hasil dari custom rom juga tidak mengecewakan tergantung custom rom apa yang kita gunakan.
Perlu sobat ketahui bahwa Custom ROM sangat tergantung bagaimana kemahiran dari pengembang custom rom itu sendiri, dalam artian semakin baik kemampuan pengembang custom rom maka akan semakin bagus pula custom rom yang dihasilkan. Dari beberapa custom rom yang memberikan oprek dan porting rom dari device lain yang terkenal adalah salah satunya CyanogenMod.
Perbedaan mengenai Stock ROM dan Custom ROM dapat anda ketahui setelah mencobanya, biasanya pada custom rom yang sudah diberi Label STABLE + Smooth terkadang masih ada sisa bug atau masalah, namun stock rom yang telah di uji coba dengan detail oleh pengembang pabrik biasanya jarang kita temui kesalahan.

Cara Mudah Install Custom ROM / Firmware Semua Perangkat Android

Biasanya untuk install custom rom android menggunakan CWM Recovery, dan berikut adalah langkah langkah menggunakan CWM Recovery.
a. Pada saat Handheld dalam keadaan mati, maka masuk ke recovery mode (sudah terpasang CWM, jangan recovert bawaan. Dalam masuk menu CWM setiap hp android berbeda beda, ada yang menggunakan tombol atas bawan dan tekan power, ada yang menekan tombol back terus, ada yang hanya sentuh layar.
b. Lalu anda masuk ke menu recovery mode dan pilih wipa data / factory reset.
c. Selanjutnya klik wipe cache partition.
d. Kemudian anda tinggal pilih advance kemudian wipe dalvik cache
e. Setelah melakukan cara diatas maka selanjutnya kembali ke menu kembali dengan menekan tombol back, setelah itu pilih install zip from sd card.
f. Anda tinggal mencar file custom rom yang sudah anda miliki sebelunya dan sudah tersimpan di Micro SD. Lalu pilih dan tunggu hingga proses penginstallan Custom ROM berhasil.
g. Silahkan reboot perangkat android sobat jika sudah selesai, maka OS android sudah berganti dengan tampilan baru yang lebih menarik dan keren.

Tips Sebelum Menginstall Custom ROM Di Perangkat Android

Sebelum melakukan pemasangan custom rom, ada baiknya anda mengetahui tips penting yang harus diperhatikan sebleum melakukan custom rom android seperti berikut.
#1. Backup Data
Pastikan sebelum anda memasang custom rom untuk membackup data yang ada, karena ketika mungkin pada proses penginstalan gagal maka bisa dikembalikan ke menu awal lagi. Adapun cara backu seperti cukup mudah denga, melakukan cara seperti dibawha ini :
  • Pertama tama anda perlu masuk menu CWM recovery
  • Setelah itu anda pilih Backup dan restore
  • Kemudian tinggal klik Backup dan tunggu proses sampai selesai.
Dengan begitu data yang ada akan terlindungi karena memiliki salinan, ini merupakan tips utama yang wajib untuk anda terapkan di hp android anda ketika hendak menginstall custom rom.
#2. Pemilihan Custom ROM
Dalam memilih custom rom pastikan anda memilih custom rom yang bagus dan tidak rusak, anda dapat menggunakan custom rom yang terpercaya seperti CyanogenMod atau yang lainya. Yang terpenting anda pastikan bahwa custom rom tersebut benar benar aman dan tidak mudah error nantinya.
#3. Jika Error Install Custom Rom Lakukan Restore
Bagi anda yang sudah mengalami error dalam menginstal custom rom, maka dianjurkan untuk merestore atau mengembalikan smartphone dalam keadaan semula, caranya cukup mudah yaitu dengan lakukan hal dibawah ini.
  • Pertama masuk menu CWM recovery
  • Selanjutnya pilih menu Backup dan restore > Restore
  • Lalu pilih dan cari file yang sudah di backup sebelumnya. Biasanya ada di folder Clockwordmod.
  • Anda tinggal menunggu proses restore ke semula hingga selesai.
  • Jika sudah maka reboot hp android anda.
Nah cukup mudah kan sob cara menginstall custom rom untuk semua hp dan tablet android, jika anda memiliki pertanyaan mengenai artikel ini. Maka sobat dapat berikan komentar yang membuat anda bingung untuk mendapatkan solusi terbaiknya dan jangan lupa tetap kunjungi untuk mengetahui artikel menarik lainya.

0 Response to "CARA INSTAL CUSTOM ROM/FIRMWARE DI SEMUA HP ANDROID TERBARU"

Post a Comment

5 CUSTOM ROM SONY XPERIA Z

Custom ROM Terbaik Sony Xperia Z #1 eXistenZ ROM custom rom terbaik sony xperia z Dari tampilan screenshot diatas kita bisa melihat kal...