7 VIRUS KOMPUTER BERBAHAYA


TECHNO MANIA-Virus adalah salah satu program komputer berbahaya yang menakutkan bagi para pengguna komputer. Pasalnya ia dapat menyerang sistem komputer, bahkan dapat menghapus data-data penting di komputer.

Beberapa virus ada yang sampai menyebabkan kerusakan serius pada sistem komputer. Para pakar keamanan dibuat sibuk untuk menangani virus ini dan membuat software untuk membasminya.

Virus bertindak seperti penyakit, ia merusak sistem komputer dengan berbagai cara. Nah apa saja virus komputer yang paling berbahaya di dunia? Berikut kami rangkumkan untuk Anda. 

1. Nimda

Virus ini muncul pertama kali pada pertengan September 2001, tepatnya seminggu setelah serangan 9 September. Nama virus ini diambil dari kata "Admin", hanya saja diejanya secara terbalik. 

Nimda menyebar lewat media internet seperti lewat email, web, file sharing, atau memanfaatkan celah keamanan yang ada pada server Web Microsoft Internet Information Services (IIS).

Worm ini dengan cepat berhasil menginfeksi dan melumpuhkan ribuan komputer di seluruh dunia dan kabarnya sampai saat ini masih menyebar, namun lebih lambat. 

2.Storm Worm

Storm Worm adalah virus jenis trojan yang mematikan dan sangat merusak. Perangkat lunak berbahaya ini pertama kali muncul pada 2006 dan menyebar lewat pesan elektronik alias email yang di dalamnya disertakan sebuah link.

Saat itu banyak sekali para pengguna komputer yang mengeluh bahwa mereka menerima email spam dengan pesan "230 dead as storm batters Eropa". Jika link tersebut diklik, maka virus akan menginfeksi komputer dan memungkinkan komputer dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan email spam di internet.

3. Conficker
Conflicker masuk dalam kategori virus yang sangat berbahaya karena penyebarannya sangat cepat, ditemukan pada Oktober 2008. Virus ini juga dikenal dengan nama Downup, Domnadup dan virus Kido. 

Conflicker menyebar melalui sistem operasi Microsoft Windows, paling banyak menyerang Windows XP. Laman The Guardian memprediksi Conficker telah menginfeksi 3,5 juta PC pada 2009. Angka infeksi ini bertambah menjadi hampir 9 juta PC selang sehari kemudian.

4. Code Red

Code Red berkeliaran mulai bulan Juni 2001. Worm ini dapat merusak berbagai server jaringan dengan memanfaatkan celah yang ada pada Microsoft Internet Information Server. Virus ini akan membuat buffer komputer penuh sehingga akan menguras memori.

Worm ini menyebar hanya dengan memanfaatkan koneksi internet, lalu men-deface halaman web yang sedang dibuka. Jadi tidak melalui metode jebakan membuka email attachment atau mengklik sebuah URL.

Code Red telah berhasil membuat lebih dari 400.000 server down seketika, dan menimbulkan kerugian US$ 2,6 miliar.
2 of 5. Melissa5.Melissa

5.Melissa


Melissa adalah salah satu virus komputer paling berbahaya yang pernah ada. Pada tanggal 26 Maret 1999, virus ini menjadi headline berita di seluruh dunia. Virus ini telah berhasil menginfeksi 20% komputer di dunia dalam waktu singkat.

Virus ini mengkontaminasi sistem lewat email attachment bertajuk “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else”. Jika attachment tersebut diklik, maka virus akan mereplikasi dirinya dan secara otomatis mengirimkan dirinya ke 50 alamat email lain yang terdapat pada address book email korban. 

Antivirus telah dibuat untuk menonaktifkan virus ini tetapi tidak dapat menghapus virus ini sepenuhnya.

6. CIH
CIH masuk dalam kategori virus berbahaya karena virus ini sulit terdeteksi. Ia akan menginfeksi setiap aplikasi yang ada di komputer. Kerugian yang timbul akibat virus ini mencapai lebih dari US$ 100 juta. 

CIH pertama kali terdeteksi di Taiwan pada bulan Juni 1998. CIH dinobatkan sebagai salah satu virus komputer paling berbahaya yang pernah dibuat. Virus ini juga mampu mengutak-atik BIOS komputer agar tidak bisa melakukan booting.

Ia menginfeksi sistem operasi Windows 95, 98, hingga Windows ME.

7. ILOVEYOU
Tidak diragukan lagi, virus ILOVEYOU merupakan salah satu malware yang paling berbahaya di dunia dan paling sulit dibasmi. Ia dapat mereplikasi dirinya sendiri. 

Virus ini pertama kali ditemukan di sistem komputer dari Filipina pada 4 Mei 2000. Yang menarik adalah metode penyebarannya. Virus ini memanfaatkan rasa penasaran publik dengan cara mengirimkan surat cinta lewat email dengan subjek "ILOVEYOU". Karena itu virus ini juga dikenal dengan sebutan virus Love Letter.

0 Response to "7 VIRUS KOMPUTER BERBAHAYA"

Post a Comment

5 CUSTOM ROM SONY XPERIA Z

Custom ROM Terbaik Sony Xperia Z #1 eXistenZ ROM custom rom terbaik sony xperia z Dari tampilan screenshot diatas kita bisa melihat kal...